8 kuliner favorit cirebon dalam sehari

Berawal dari undangan temen yang married di Cirebon, jadi mendadak kuliner trip sehari di sini. Karena ga berencana hunting makanan sama sekali, aku juga ga cari tau apapun tentang makanan cirebon. Soalnya cuma sehari, berangkat pagi malemnya udah balik lagi. Paling makannya cuma se-dua kali. Eh gak taunya setelah diitung itung lagi makannya lumayan banyak macem juga.

Senengnya juga karena mendadak ketemu temen lama yang lagi di Cirebon juga. Walaupun siangnya dia udah balik, tapi sempet dibawa keliling beberapa tempat sebelum nganterin dia ke stasiun. So here’s a recap of my one day cirebon culinary tour.

Empal Gentong Krucuk 1

1. Empal gentong krucuk 1

Alamat : Jl. Slamet Riyadi No.5, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121
Tipe : Traditional Indonesian food – Halal
Operasional : 07.00am – 21.30pm

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai(gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat).Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari, Kabupaten Cirebon.
(Source : Wikipedia)

Selain empal gentong yang udah menjadi makanan khas Cirebon, sekarang juga ada empal asem yang isi dagingnya sama, hanya beda di jenis kuahnya aja. Untuk empal asem kuahnya bening dan menggunakan asam belimbing jadi rasanya lebih ke asem seger. Untuk aku sendiri dua duanya enak, tapi lebih memilih empal asem karena kuahnya gak terlalu lemak walaupun dimakan banyak.

Empal Gentong (IDR 20K)

Empal Asem (IDR 20K)

Empal Gentong Krucuk 1

Gak cuma menyediakan empal gentong dan empal asem, disini Empal Gentong Krucuk juga menyediakan berbagai macam lainnya. Seperti yang bisa kamu liat waktu memasuki tempat makan ini, di bagian kanan ada yang sedang bakar sate tiada henti. Untuk sate juga ada pilihan sapi dan kambing. Seporsi 20 tusuk, bisa setengah porsi atau campur. Dan juga ada tahu gejrot, berbagai macam kerupuk sampe es durian!

Sate Sapi

Sate Kambing

Tahu Gejrot Cirebon

Sedikit berbeda dengan Tahu Gejrot yang biasa aku makan di Jakarta, tahu gejrot di Cirebon rasanya jauh lebih manis tapi tetap pedas. Kurang cocok sama lidahku karena terlalu manis, tapi pedesnya muantaapp.

 

2. NASI JAMBLANG MANG DUL

Alamat : Jl. DR. Cipto Mangunkusumo No.8, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon  45131
Tipe : Traditional Indonesian food – Halal
Operasional : 24 hours

Nasi Jamblang Mang Dul

Sega Jamblang (Nasi Jamblang dalam Bahasa Indonesia) adalah makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan. (Source : Wikipedia)

Tahu

Kata temenku yang sering bolak balik cirebon, nasi jamblang mang dul ini adalah nasi jamblang kedua terfavorit setelah nasi jamblang pelabuhan. Dan ini juga salah satu nasi jamblang legend yang udah lama berdiri. Sayang kita ga kesampean mencoba nasi jamblang pelabuhan karena mereka buka dari pagi dan biasanya udah ngantri, sedangkan kita sampenya siang dan malemya udah balik lagi 🙁

Untuk nasi jamblang mang dul, rekomendasi dia adalah tahu yang diatas (gatau apa nama masakannya) tapi tahu dan kuahnya enduuul. Terus perkedel jagung dan kerangnya juga nikmat! Hmm tambahan buat aku, secuil ikan asin buat menyempurnakan lidah (anak kampung emang :p)

Nasi Jamblang Mang Dul (IDR 12.5K)

 

3. NASI JAMBLANG IBu Nur

Alamat : Jalan Cangkring II No.34, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45154
Tipe : Traditional Indonesian food – Halal
Operasional : 07.00am – 21.00pm

Nah sebelum mampir ke nasi jamblang mang dul, awalnya kita berniat nyobain nasi jamblang bu nur ini. Katanya ini tempatnya jauh lebih hits, selalu rame baik dari warga lokal maupun luar kota. Bahkan ga jarang kamu bakal liat bus bus parkir untuk membawa para pengunjung untuk menikmati nasi jamblang bu nur. Bener aja, pas kita nyampe semua jalanan dan parkir penuh (kebetulan jam makan siang dan hari minggu pula) jadi akhirnya kita mampir ke tempat lain dulu.

Setelah itu, masih penasaran juga dan balik lagi. Akhirnya dapet parkir tapi didalamnya masih tetap mengantri. Antriannya sih sudah cukup teratur dan pilihan makanannya memang jauh lebih banyak dibanding yang sebelumnya aku makan. Tapi untuk rasa sepertinya aku tetap lebih memilih nasi jamblang mang dul heheheh. (ini personal preferences aja ya).

Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur

 

4. Es Durian / Es Duren

Alamat : –
Tipe : Traditional Dessert – Halal
Operasional : –

Es Durian (IDR 15K)

Memperhatikan beberapa tempat yang kita kunjungi, hampir semuanya didepannya ada yang jualan es durian. Akhirnya gak tahan penasaran dan cuaca panas juga, beli juga nih es durian. Segeer sih dan menggunakan durian asli (masih ada bijinya). Yang doyan duren dijamin bakal tergoda juga deh pasti.

 

5. Mie Colot

Alamat : Jalan Pekalangan, Pekalangan, Pekalipan, Pekalangan, Cirebon, 45118
Tipe : Noodles – Halal
Operasional : 10.00am – 21.00pm

Mie Colot (IDR 32K)

Balik ke hotel niatnya istirahat sebelum berangkat kondangan. Sampe kamar masih ga rela baru nyobain dikit makanan cirebon. Akhirnya posting makanan di instagram dan minta rekomendasi dari temen temen. Nah berakhir gofood Mie Ayam Colot ini (all hail abang gojek!) Sambil tidur-tiduran bisa nyobain makanan lain hihihi. Mie ayam dengan berbagai macam topping dari pangsit goreng, bakso tenggiri, siomay, otak-otak, tahu, semuanya komplit. Mie ayamnya enaaak juga. Thanks (you know yourself) yang udah bantu kasi infonyaaa. I’m happy <3

 

6. NASI LENGKO

Alamat : Jl. Tentara Pelajar No.18, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45118
Tipe : Traditional Indonesian food – Halal
Operasional : 17.00pm – 22.30pm

Nasi Lengko

Sega lengko (nasi lengko dalam bahasa Indonesia) adalah makanan khas masyarakat pantai utara (Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya). Makanan khas yang sederhana ini sarat akan protein dan serat serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan adalah 100% non-hewani. Bahan-bahannya antara lain: nasi putih (panas-panas lebih baik), tempe goreng, tahu goreng, mentimun (mentah segar, dicacah), tauge (direbus), daun kucai (dipotong kecil-kecil), bawang goreng, bumbu kacang (seperti bumbu rujak, pedas atau tidak, tergantung selera), dan kecap manis. Dan, umumnya kecap manis yang dipergunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kental. Disiramkan ke atas semua bahan. (Source : Wikipedia)

Sebenernya mungkin pilihan nasi lengko juga banyak dimana-mana. Cuma karena waktu terbatas, mumpung ada langsung pesen aja karena belom pernah dan penasaran karena udah disebut berkali kali selama sehari di Cirebon ini. Ternyata rasanya enak, bolelah pas sama seleraku. Lain kali akan coba nasi lengko yang lebih proper dan rekomendasi yang oke oke dari kalian.

Nasi Lengko (IDR 9K)

 

7. BUBUR SOP AYAM MANG KAPI

Alamat : Jl. Tentara Pelajar No.18, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45118
Tipe : Traditional Indonesian food – Halal
Operasional : 17.00pm – 22.30pm

Last stop! lagi lagi mencuri waktu, menyempatkan diri kabur secepat mungkin buat nyobain bubur sop mang kapi yang dibilang makanan wajib malam hari sama beberapa orang disekitarku. Jadi ini isinya bubur kentel gitu, terus dituang kuah sop ayam dan sayuran. Rasanya kayak makan bubur dikasi kuah soto gitu, beneran enak dan wajib kalo kesini :’)

Bubur Sop Mang Kapi (IDR 16K)

Bubur Sop Ayam

 

8. SATE AYAM MANGGA KERSA

Alamat : Jl. Tentara Pelajar No.18, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45118
Tipe : Traditional Indonesian food – Halal
Operasional : 17.00pm – 22.30pm

Masih dalam area yang sama, bersebelahan sama bubur sop mang kapi, ada sate ayam yang juga katanya enak. (pesen aja deh semua yang ada! mumpung cuma sehari) Sate ayam manis bumbu kacang gitu. Seporsi isinya 10 tusuk, daging ayamnya lembut dan daging semua (alias ga dicampur kulit). Kusukaaa!

Sate Ayam (IDR 12K) 

 

Yang terbaik dari kuliner cirebon adalaaaaahh, makanannya super duper murah murah bangeeeett! Dibawah 15k masih bisa banget makan super enak dan kenyang. Wajib balik kesini dan menikmati hal hal baik lainnya yang ada di Cirebon sih. Unplanned trips always the best! <3

Share if you like :

Leave a Reply