8 Kuliner Malam Cibadak & Sudirman Street, Bandung

Setiap tempat wisata, pasti punya kuliner malam khas masing-masing. Buat penghuni maupun pengunjung Bandung, udah gak asing dengan tempat ini dong pastinya. Juaranya kuliner malam (dan kuliner nonhalal) di Bandung, Sudirman Street dan Jalan Cibadak.  Ini makanan hasil rekomendasi teman-temanku di instagram dan juga hasil coba-coba dan makanannya banyak yang memuaskan pastinya!

1. NASI SAMCAN EPENK

Lokasi : Jl. Cibadak
Tipe : Chinese – Nonhalal
Harga : IDR 50.000

Udah ketiga kalinya mampir ke Cibadak setiap kali ke Bandung, dan ini jadi salah satu menu wajib makan malamku. Samcan terenaaak! Walaupun banyak bagian lemaknya gitu, tapi pas dimakan ga berasa lemak sama sekali. Biasanya aku kalo makan samcan selalu buangin bagian lemak, tapi yang ini bisa aku makan semua. Yummm! Nah untuk si samcan epenk ini outletnya ada 2, di jalan cibadak dan didalam sudirman street. Walaupun berdekatan, dua duanya tetep aja rame!

Anyway, sebenernya di Jakarta juga ada cabangnya samcan epenk di Muara Karang. Aku sih belom pernah coba. mudah-mudahan rasanya sama.

Samcan Epenk (IDR 50K)

 

2. NASI CAMPUR 88

Lokasi : Jl. Cibadak
Tipe : Chinese – Nonhalal
Harga : IDR 50.000

Tempat paling rame dan paling ngantri kayaknya disepanjang jalan cibadak. Nasi campur ini kayaknya udah ga asing didenger dan jadi favorit pengunjung tampaknya. Waktu mesen ini kita harus ngantri selama 45 menit. Jadi habis mesen, kita keliling untuk cari makanan lain dulu.

Nasi campurnya udah diisi berbagai macam masakan babi gitu ditambah baso goreng juga. Untuk porsi memang dagingnya lebih banyak dibanding dagingnya. Menurut kamu gimana?

Nasi Campur 88 (IDR 50K)

 

3. NASI GORENG SAMCAN AHIEN

Lokasi : Jl. Cibadak
Tipe : Chinese – Nonhalal
Harga : IDR 55.000

Another samcan madness. Nasi goreng aja udah enak, apalagi ditambah samcan. BEEUHHH! Actually udah pernah cobain ini waktu ke Bandung sebelumnya tapi kelupaan difoto 🙁 Terus kemaren waktu nyariin ini lagi gak nemu padahal udah bolak balik jalan cibadak berkali-kali, mungkin lagi gak buka. Tapi terakhir pas makan ini emang enak banget sih, makanya sampe mau balik lagi. Sayangnya ga kesampean, terpaksa deh harus balik lagi di lain hari.

Nasi Goreng Samcan Ahien (Source : ig @nanakoot)

Nasi Goreng Samcan Ahien Komplit (IDR 55K) (Source : ig @nanakoot)

 

4. SATE BABI WIBISANA

Lokasi : Sudirman street
Tipe : Streetfood Skewers – Nonhalal
Harga : IDR –

Dari babi manis sampe kulit semuanya ada. Ga mungkin ga tergoda deh kalo lagi lewat ngeliat mereka lagi bakar sate dengan serunya. Few bites won’t hurt lah ya, eh malah nagih! Karena aku bukan penikmat kulit, jadi aku makan sate manis aja 😀

Sate Babi Wibisana

 

5. SATE ALOR (CAKWE AYAM PANGGANG)

Lokasi : Sudirman street
Tipe : Streetfood Skewers – Halal
Harga : IDR 20.000

Ini juga menarik! bersebelahan dengan sate wibisana, kamu bisa liat bakar-bakaran yang ukurannya cukup besar dan kotak. Iyaaa, itu dia cakue dibalut dengan ayam dan bumbu. Rasanya enaaak! Dan harganya juga cukup bersahabat untuk cemilan sebelum makan hihihi.

Sate Alor (IDR 20K/porsi)

 

6. MARTABAK ANDIR 

Lokasi : Jl. Cibadak – Sudirman street
Tipe : Streetfood Snacks – Halal
Harga : IDR 85.000

Udah kesekian kalinya setiap nanya makanan wajib di Bandung, pasti selalu muncul pilihan si Martabak Andir ini. Dan akhirnya kali ini aku kesampean juga nyobain martabak favorit, PANDAN JASUKE (jagung, susu, keju). Kebanyakan orang bilang harus cobain di tempat aslinya (yang di cibadak ini kayaknya cabang). Berhubung waktuku singkat, yang penting coba yang ada dulu deh. Toppingnya berlimpah, campuran keju susunya juga endeees! padahal biasa aku agak jarang mau makan martabak keju.

Martabak Pandan JASUKE (IDR 85K)

 

7. RONDE JAHE ALKATERI 

Lokasi : Jl. Cibadak – Sudirman street
Tipe : Streetfood Snacks – Halal
Harga : IDR 17.000

Suasana dingin dingin emang cocok nyari minuman yang hangat. Ronde Jahe Alkateri pilihanku! Bisa pilih mau ronde gede, kecil atau campur (kayak yang aku makan sekarang). Kalo yang gede isinya kacang tanah, yang kecil polos aja. Kalo yang campur isinya 3 ronde gede dan ronde kecilnya banyak (lupa diitung). Untuk pilihan air jahenya ada yang putih atau yang merah.

Ronde Jahe Gula Merah (IDR 17K)

 

8. BOLA OBI 

Lokasi : Jl. Cibadak
Tipe : Streetfood Snacks – Halal
Harga : IDR 1.000/pcs

Penutup makanan hari ini dan juga selalu jadi cemilan wajib. Bola ubi kopong yang garing dan isinya bener bener kopong. Terbaik deh! Masih beda jauh dengan yang di Jakarta, sejauh ini nyobain di beberapa tempat masih kalah garing dan kopong. Kira-kira makan berapa bola ubi nih baru puas? kalo aku 10 sih masih kurang :p

 

Bola Obi

 

Gimana? Ada yang menarik atau sudah yang menjadi favoritmu disini? Atau ada jagoan rekomendasi makanan lainnya disekitar Jl Cibadak dan Sudirman street ini? Jangan ragu buat infoin ke kita ya! Drop us a comment, mail, instagram, or anything will do! Karena sepanjang jalan penuh dengan berbagai macam makanan dan gak mungkin dicobain dalam semalam, lets get back again another day! <3

 

 

Share if you like :

Leave a Reply