8 Kuliner malam Jl. Selat Panjang, MEDAN

Yang selalu dinanti-nantikan dari setiap kuliner didaerah manapun, ya kuliner malamnya itu. Setiap kali ke satu daerah pasti udah siap siap perut buat makan malam sampe begah. Pantang pulang sebelum kenyang (banget banget! >.<). Kali ini di Medan aku makan di Jl. Selat Panjang yang udah dikenal kuliner malamnya baik untuk turis maupun warga lokal.

Selat Panjang ini jalannya kecil banget, sepanjang jalan isinya restoran di kanan kiri dan jalanannya cuma buat 1 mobil lewat dan one way. Jadi kalo udah jalan sampe ujung masih galau, harus muter lagi. Mendingan sih parkir didepan jalan gede aja, terus jalan kaki masuk ke jl selat panjang. Biar milih makannya pun lebih leluasa bolak balik.

Secara sepanjang jalan isinya makanan semua, udah pasti pilihannya banyak banget! Dari nasi sayur, bubur, kwetiau, sate padang, cemilan kayak bakpao, kue apem (kue tete), sampe martabak piring semua ada disini!

Martabak Piring

1. KEDE BUBUR

Alamat : Jl. Selat Panjang No.17, Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan
Tipe : Chinese – Halal
Operasional : 17.00pm-22.00pm

Bubur Ayam

Pek Cam Kee

Dimulai dengan setengah ekor pekcamkee (ayam rebus) dan semangkok bubur ayam. Don’t judge the book by its cover, buburnya keliatan polos dari luar, ternyata pas diaduk isi daging ayamnya di dalemnya banyak juga. yummmm.

 

2. MIE HOKKIAN sp16

Alamat : Jl. Selat Panjang No.16, Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan
Tipe : Chinese – Nonhalal
Operasional : 17.00pm-22.00pm

Mie Hokkian

Berseberangan dengan Kede Bubur, ada Mie Hokkian SP16 (kepanjangan dari alamatnya di Jl Selat Panjang No. 16). Selain mie hokkian yang terkenal dengan segudang topping ini (ada bakso, udang, telur, daging, hekeng dsb) mereka juga ada pilihan menu lain seperti mie udang atau mie ayam jamur.

 

3. Kwetiau/bihun/mie/nasi goreng

Alamat : Jl. Selat Panjang , Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan
Tipe : Chinese – halal
Operasional : 17.00pm-22.00pm

Nasi goreng

Kwetiau – Mie goreng

Kwetiau – Bihun goreng

Satu ruko dengan mie hokkian, dari depan kamu bisa liat sebelah kiri jualan kwetiau goreng dan disebelahnya jual mie hokkian. Mesen mie hokkian bikin tertarik buat pesen kwetiau goreng juga gara2 ngeliatin masaknya seru banget. Disini ga ada menu pasti, kamu boleh request mau nasi goreng, atau di mix seperti yang difoto (kwetiau-bihun/ mie-bihun/ kwetiaua-mie/ dan lain lain). Untuk pilihan masakan juga bisa pake telur ayam/bebek. Masak pekcha (tanpa kecap manis) atau dengan topping seafood, kepiting, dsb. Semua pilihan kamu deh! Hebatnya walaupun rame dan ngantri, ii yang masak tetep bisa hafal pesenan kita yang ribet loh!

 

4. NASI AYAM

Alamat : Jl. Selat Panjang Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan
Tipe : Chinese – halal
Operasional : 17.00pm-22.00pm

Nasi Ayam

Di medan salah satu yang sering kamu temukan selain bakmi dan chasiu, nasi ayam ini juga makanan yang gak lepas dari keseharian. Nasi gurih dengan potongan ayam panggang dan beberapa lauk lainnya seperti telur, rendang, kentang goreng kering, udang tauco, acar. Untuk pilihan lauk ditiap tempat berbeda-beda sih. Nah nasi ayam ini persis bersebelahan dengan mie hokkian diatas.

 

5. Sate Padang fadli

Alamat : Jl. Selat Panjang , Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan
Tipe : Indonesian food – halal
Operasional : 17.00pm-22.00pm

Sate Padang Fadli

Satu lagi yang unik dari sate padang di Medan yang gak bisa kamu temukan di Jakarta. Pilihan sate disana banyak loh ternyata! Ada daging sapi/ayam, daging/lidah, ati ampela, usu, atau mau pake sate kerang pun ada!

 

6. KUE APEM

Alamat : Jl. Selat Panjang , Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan
Tipe : Indonesian street food – halal
Operasional : 17.00pm-22.00pm

Kue Apem

Kue Apem

Kue Apem merupakan salah satu jajanan pasar yang selalu bisa kamu temukan diberbagai pasar di sumatera. Tapi untuk turis yang sedang kuliner malam juga bisa menikmatinya. Persis disebelah sate padang fadli, kue apem ini langsung dimasak didepan kita juga. Bentuknya sama seperti kue tete atau kue ape di Jakarta, tapi pembuatan dan penyajiannya digulung seperti yang kamu liat diatas. Dan umumnya yang bisa kamu temukan penjualnya adalah orang india yang menetap di Medan. Tapi tenang, bahasa indonesia mereka udah dijamin lancar, bahkan ga sedikit dari mereka juga bisa ngomong hokkian juga!

 

7. BAKPAo SIUHUA 

Alamat : Jl. Selat Panjang , Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan
Tipe : Indonesian street food – halal/ nonhalal
Operasional : 08.00am-22.00pm

Bakpao

Diujung jalan kamu akan menemukan satu penjual bakpao ini. Pilihan rasa bakpao nya banyak banget dan ukurannya juga ada yang besar dan kecil. Bakpao kacang hitam dan babinya endeeees. Semuanya enak aja sih karena bakpaonya selalu bisa di steam dulu untuk kita makan langsung dan empuk banget rotinya.

 

8. MARTABAK PIRINg

Alamat : Jl. Tjong Yong Hian No.43, Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212
Tipe : Indonesian street food – halal
Operasional : 17.00pm-22.00pm

Martabak piring coklat

Martabak tipker (tipis kering) yang literally dimasak dengan piring ini membuat jenis martabak ini terkenal dengan nama martabak piring. Lokasinya ada dijalan antara jalan selat panjang/ jalan surabaya (yang juga jalan tempat kuliner malam, nanti aku coba review di post selanjutnya ya!) Topping pilihannya macam-macam tapi aku rekomen yang coklat/keju/ coklat keju (back to basic banget yah) tapi yang kejunya beda sih. Cobain sendiri aja deh :p waktu aku nyobain lumayan ngantri tapi cepet kok karena masaknya ga berenti dan langsung banyak kayak difoto.

Seru kan makan makan malem  di Medan. Hayo yang udah pernah mampir ke Medan dan ke Selat Panjang, tempat mana yang jadi kunjungan wajib kalian?

Last for this post, Here’s my lovely grandma. Temen makan paling asik walau udah 80ish, semua makanan pasti mau coba dan mau makan dan paling gak rewel. Hmmm sekarang aku tau hobi makanku sebenernya nurun dari mana XD

 

Share if you like :

Leave a Reply