King Couscous – Lippo Mall Kemang

Couscous, sebuah hidangan populer yang berasal dari Afrika dan Timur tengah, salah satunya daerah Maroko. Sekarang di Indonesia kamu juga bisa menikmati couscous otentik di Resto King Couscous ini.

King Couscous ini terletak di Lippo Mall Kemang, dengan suasana simple minimalis dan dominasi putih King couscous menyajikan berbagai macam makanan khas Maroko.

Couscous adalah bahan gandum mentah yang dipecahkan, seperti semolina (gandum giling yang keras dan kasar, biasa digunakan untuk membuat pasta, berbeda dengan gandum roti). Biasanya couscous ini dimasak dengan rebusan sayur/ daging diatasnya. Teksturnya bulat-bulat kecil, lembut dan ketika dimakan rasanya cukup moist dan tawar.

Untuk lidah Indonesia seperti aku yang sering makan makanan yang kaya rasa dan rempah-rempah, rasa couscous ini cukup unik. Kayaknya sebelumnya aku pernah nyobain couscous (lupa dimana) tapi saat itu menurut aku sangat sulit untuk dimakan karena porsinya yang besar dan hambar.

King Couscous (IDR 129K)

Tapi setelah diajarin cara makan yang sesungguhnya, ternyata rasanya tidak seburuk itu! Dipadukan dengan daging (di King Couscous menyediakan pilihan daging ayam, sapi, kambing, atau perpaduan ketiganya). Selain dengan sayur rebus dan daging, couscous juga di campur dengan nuts, raisin, sambal, dan kuah gulai. Semua di mix jadi satu dengan couscous kemudian dimakan. No wonder dulu aku merasa ga enak! karena yang dimakan cuma couscousnya tok tanpa apa-apa (duh dasar udik deh emang).

Kuah gulai yang disediakan disini juga tidak seperti yang biasanya kita kenal dengan tekstur yang kental dan berminyak. Kuah gulai ini sangat encer dan bening, lebih seperti kaldu. Dicampur dengan raisin (kismis) yang manis, sambel dan nuts, kebayangnya malah jadi kayak nano nano yah, rame rasanya! hahaha. Tapi it was quite good actually. Rasanya pas, ga begitu strong dan ditambah daging sebagai lauk cocok dijadikan seporsi makan siang hari ini.

 

Tajine Prune

Makanan khas Maroko kedua yang aku coba adalah Tajine. Dikutip dari sini, aku baru tau kalo Tajine ini adalah alat masak yang terbuat dari tanah liat dan tutupnya membentuk kerucut, seperti difoto (maklum belum pernah berkunjung ke negara aslinya. Masuk ke bucket list deh nih, hasil dari berkunjung ke Restoran King Couscous).

Untuk Tajine Prunes ini aku memesan yang lamb/ kambing. Dimasak dengan rempah2 dan olive, Masakan yang satu ini cocok bangeeett sama lidahku! daging kambingnya juga lembut dan kuah rempah-rempahnya rich banget.

Sebagai hidangan utama, tajine ini juga dimakan bisa dengan beberapa pilihan seperti couscous, nasi atau roti. Nah berhubung karena udah nyobain couscous, yang ini aku coba makan pake roti.

Tajine Prunes with Lamb (IDR 99K)

Cara makannya gampang. Ga seperti couscous yang waktu disajikan kita bingung gimana harus mulai makannya, kalo tajine ini (karena sidenya dengan roti) cara makannya sama seperti roti prata. Rotinya cukup dicelupkan ke kuah dan dagingnya, lalu dimakan.

Overall experience disini, baik dan menyenangkan! Senang rasanya bisa mencoba hal baru (salah satu yang utama adalah makanan) dan sedikit banyak menambah wawasan dari kultur dan rasa negara lain. Wajib banget dicoba sebelum ke negara asalnya jadi udah punya sedikit pengetahuan pas mesen makanan disana hihihi.

 

KING COUSCOUS
Address : Lippo Mall Kemang Lantai 1 #22, Jalan Pangeran Antasari No. 36, Kemang
Phone : (021) 2905 – 6733
Open : Daily 10am – 10.00pm
Instagram : @kingcouscouskemang

Share if you like :

Leave a Reply