VIETNAM – 2D1N Halong Bay Cruise Experience

It’s the time of the year! Buatku, hari lebaran = menikmati liburan bareng keluarga. Tahun ini kita memutuskan liburan ke Halong Bay dan Saigon di Vietnam. Kenapa kok Vietnam? Karena rencana tahun ini memang khusus mau bawa oma #aidalim jalan-jalan dan waktu ditanya mau kemana, dia pilihnya Vietnam. Jadi, tibalah saatnya kita menikmati perjalanan ini.

Ready to cruise~

Nah trip kali ini aku memutuskan untuk pake private tour 5D4N karena tujuannya emang bawa oma jalan-jalan. Jadi mau jalan santai aja karena takut oma kecapean kalo terlalu explore sana sini.

Perjalanan pertama itu penerbangan KL-Saigon. Karena flightnya sore-malam, jadi malam pertama sesampainya di Saigon langsung check in dan istirahat untuk mempersiapkan diri besoknya perjalanan ke Halong City.

Perjalanan Saigon-Halong itu sekitar 3 jam dengan bus atau jalur darat. Di Halong ini kita akan menginap 2 hari 1 malam diatas cruise. Untuk cruise yang kita pakai adalah Syrena Cruise.

Syrena Cruise itinerary
2D1N Syrena Cruise itinerary

Sesampainya di dermaga kapal Halong, kita langsung check-in dan masuk ke kapal. Untuk kapalnya, bisa menampung sekitar 34 orang dengan total 17 kamar didalamnya. Syrena Cruise ini terdiri dari 3 lantai dan top deck. Lantai 1 & 2 untuk kamar dan lantai 3 ruang makan, balkon dan area berkumpul.

Masuk ke kapal, kita langsung diajak untuk menikmati makan siang di lantai 3 sambil di briefing mengenai perjalanan dan perkenalan tentang kapalnya. Oya untuk omaku, awalnya kita pesen kamar di lt.1 biar dia gak perlu naik tangga. Tapi ternyata karena ruang makan ada di lt.3 dan dia penasaran tetep mau ikut naik, jadi akhirnya tukeran kamar di lt.2 biar dia ga bolak balik naik tangga kebanyakan. Walaupun agak khawatir, ternyata Aida Lim masih cukup kuat! Niat jalan-jalannya lebih besar daripada takut capeknya. Sekarang aku tau gen hobi jalan aku dapet dari siapa :p

Setelah foto-foto akhirnya tiba saatnya makan siang dan kapal pun sudah mulai berlayar. Karena kelaperan, kita juga gak merhatiin jalan sampai tiba-tiba di tengah makan, aku liat jendela terus viewnya cakep bangeeet T.T Auto stop makan terus langsung keluar dan foto pemandangan dulu!

Halong Bay
Halong Bay Cruise
Beautiful Halong Bay
Ha Long Bay View

Setelah makan siang, kita punya waktu untuk beberes dan istirahat sebelum melanjutkan perjalanan tour kita. Mampir ke Surprising Cave dan mengunjungi Luon Cave Tunnel (disini kita bisa naik kapal yang sudah disediakan dan free sudah include didalam tournya, atau naik kayak sendiri dengan tambahan biaya). – details on next post yah.

Waiting for sunset.
Boat snack-seller

Sore-sore liat kapal kecil ini keliling-keliling, ternyata itu kapalnya jualan macem macem snack dan minuman! Dia dayung dan jualan sendiri loh. Ternyata sebelum aku liat ini dari deck atas, dari balkon kamar papaku udah belanja duluan sama dia dan setelah dikasi tau harganya, mahal sih. Tapi melihat perjuangannya yang tidak mudah, rasanya gak tega juga 🙁

Untuk perjalanan kapal ini, hanya sampai sore aja. Jadi ini kapalnya udah berhenti dan istirahat sampai besok baru jalan lagi. Dan Halongbay ini ga ada ombak dan anginnya juga relatif tenang karena dikelilingi sama pulau-pulau kecil disekelilingnya jadi sangat aman untuk melakukan cruise trip ini. Untuk yang gampang mabuk laut, naik cruise disini masih sangat aman dan ga berasa lho!

Fried Spring Roll

Sambil menikmati sunset dan menunggu jam makan malam tiba, kita juga ada activity bersama yaitu masak-masak fried spring roll bareng yang sudah disiapkan dari tim cruise-nya. Semua bahan sudah disiapkan dan kita diajarkan cara melipatnya, kemudian digoreng dan dinikmati bersama.

Syrena Cruise Dinner

Dinner time! Nah kalo makan siangnya tadi disajiin prasmanan (ambil sendiri) sekarang dinnernya course menu gitu. Mulai dari soup, appetizer, main, sampe dessert lengkap!

Selesai makan malam, waktunya bersantai, squid fishing/ movie time. Sebenernya lebih ke acara bebas aja sih jadi kita mau ngapain aja juga boleh. Tapi di ruang makan diputerin film untuk kita nonton sampai jam tidur tiba.

Room Preview

Nah foto diatas adalah tampak kamarnya. Dari bed sampai toiletnya. Tidak terlalu sempit untuk ukuran 2 orang. Tersedia kamar double bed/ twin bed, cupboard, toilet lengkap dengan wastafel dan shower, dan masing-masing kamar juga ada balkon dengan kursi untuk menikmati pemandangan setiap saat. Nah ini maksudku, kalo kalian bawa orang tua untuk naik cruise ini masih sangat memungkinkan sih (kalo orangnya ga bosenan dan oke aja melihat pemandangan dari balkon begini ya.) Jadi bisa stay dikamar, ke balkon dan untuk makan boleh dibawain dari atas ke kamar. Buatku ini masih bisa jadi pilihan yang cukup aman dan nyaman sih.

Our Morning View.

Karena tidurnya sangat teratur (jam 10 udah ngantuk banget dan masuk kamar) jadi pagi-pagi juga udah bangun yang kemudian disambut pemandangan indah ini. Bikin mata seger dan hati adem deh!

Pagi-pagi omaku bangun, aku bukain jendela terus dia kaget bilang gak sadar kalo dia masih dikapal karena ga goyang dan berasa didalem kapal sama sekali HAHAHA. Padahal seharian dia ga ikut island hopping dan turun-naik kapal tapi ga sadar dia masih stay dikapal.

Setelah bangun dan activity pagi, ada acara visit Titov Island yang terakhir sebelum kapal kembali ke dermaga dan perjalanan selesai. Di Titov Island ini kita boleh berenang, jadi buat kalian yang mau berenang jangan lupa bawa sunblock dan swimsuit ya.

Good Morning from Halong Bay

Setelah berenang dan kembali ke kapal, masih ada sesi brunch terakhir. Nah kali ini selain prasmanan, juga disediakan egg station dan phô.

Not a very fancy meal, tapi semuanya masih cocok dilidah dan enak juga! Mungkin karena ga ada pilihan lain juga, jadi makannya lahap-lahap aja sih.

Oya important info: untuk cruise trip ini tidak include minuman yah. Jadi minuman yang disediakan hanya 2 botol air minum di kamar. Untuk di resto semua minuman harus bayar sendiri. Tetapi ada program happy hour untuk minuman dari air mineral sampai alcohol drinks. Jadi kalau mau lebih hemat, kalian bisa pesen minum di jam tersebut atau bawa minuman sendiri aja dari luar.

Sekian perjalanan cruise trip kali ini. So far menyenangkan! Staff di kapal juga baik-baik dan ramah dan sangat membantu. Menurutku trip 2D1N ini cukup dan ga membosankan sih karena jadwal acaranya semua juga sudah diatur sehingga kita ga terlalu banyak waktu kosong dan tidak sempat merasa bosan, tapi perjalanannya masih santai juga.